Kamis, Oktober 28, 2010

Buku Citizen Journalism Sebagai Katarsis Baru Masyarakat


Judul: Citizen Journalism Sebagai Katarsis Baru Masyarakat
Penulis: Nurudin
Penerbit: Buku Litera, DP2M DIKTI, DP2M UMM
Thn Terbit: November 2010

Munculnya blog adalah keniscayaan sejarah. Penyebaran pesan yang sebelumnya dimonopoli wartawan profesional, saat ini bisa dilakukan warga negara biasa. Inilah yang disebut dengan citizen journalism. Bahkan mereka bisa menyalurkan uneg-uneg, ketidakpuasan, ketidakadilan yang terjadi di sekitarnya secara bebas. Inilah revolusi baru penyebaran pesan.

Buku yang berasal dari hasil penelitian ini mengungkap bahwa ada fenomena menarik berkaitan dengan pemanfaatan blog sebagai katarsis baru masyarakat. Melihat perkembangan citizen journalism yang kian berkembang, dalam jangka panjang mainstream media akan tertantang untuk melakukan kebijakan ulang berkaitan dengan penyebaran pesan itu. Tak sedikit mereka memunculkan rubrik atau tayangan “citizen journalism” versi mainstream media. Sebuah tantangan kritis, tidak saja bagi praktisi jurnalis profesional, tetapi juga para peneliti, akademisi yang selama ini mengamati perkembangan media massa. Buku ini juga mengkritisi teori uses and gratification yang selama ini hanya bicara tentang dampak media saja.

Note: pesan terhadap buku ini, dilayani via e-mail. silakan kirim e-mail ke: nurud70@yahoo.com atau via inbox FB di home blog ini. thanks.

Comments :

6 comments to “Buku Citizen Journalism Sebagai Katarsis Baru Masyarakat”

sAYA tak beli buku ini...menarik :-)

M. Aliyulloh Hadi mengatakan...
on 

buat yg belum punya..buruan beli ditoko-toko buku terdekat..bukunya bagus lhoo..sekalian buku "Kutu-kutu Media"...itu juga baguz..ehehheeh (skalian promosi)...

My Journey mengatakan...
on 

susah banget nyari buku2 yg di blog ini..!!
padahal butuh banget sm buku ini buat Skripsi..

dawam jarwo mengatakan...
on 

ini tho pak bukunya???
*minta diskon donk**
hehhee

Yanuar Catur mengatakan...
on 

duh,,, kemana pak saya bisa pesan, di Bengkulu susah nyari bukunya,,

Anonim mengatakan...
on 

Luar biasa terima sudah memberikan pencerahan, setidaknya sudah sedikit terjawab oleh mahasiswa yang bimbing apakah selama media massa saja yang mampu mengubah sikap, mendoktrin khalayak? rupanya tidak...saya pesan, bagaimana caranya
Salam Jamal Mildad, Dosen Universitas Teuku Umar Aceh

Jamal Mildad mengatakan...
on