Sabtu, Mei 25, 2013

Mengenal Bentuk-bentuk Tulisan


“Pada suatu malam, beberapa orang tukang becak menemukan bungkusan plastik berisi daging merah. Karena gembira mendapat rezeki nomplok, mereka bersama-sama menggoreng daging itu; setelah menaburkan garam dan sedikit bumbu. Goreng daging tercium gurih. Mungkin karena terlalu banyak lemak, goreng daging itu mengecil. Mereka heran melihat ada secuil kapas menempel. Tetapi setelah kapas dibuang, mereka bersama-sama menikmati daging itu. Dengan lahap.
Mereka tertidur lelap di emperen warung, sampai pagi hari – ketika seorang tak dikenal membangunkan mereka. Ia bertanya apakah ada di antara abang-abang becak itu yang menemukan bungkusan plastik. “Semalam, “kata orang itu, “Saya pulang dari rumah sakit. Saya singgah di warung ini sebentar. Saya membawa potongan daging. Sebenarnya bukan daging, tetapi kepingan tumor daging tumbuh. Saudara saya baru dioperasi tadi malam.



Abang-abang becak itu terpana, “jadi, daging itu...!” Daging yang menciut, kapas yang menempel, letupan-letupan gelembung yang keluar. “Jadi daging itu...” Tiba-tiba, rasa mual menekan perut mereka. Tidak tahan. Mereka semua muntah”. (Jalaluddin Rakhmat, 1992).
 Menulis itu juga  kegiatan komunikasi. Sama dengan komunikasi lisan, pesan yang tepat dan efektif akan memudahkan penerima pesan memahaminya. Komunikator (penyampai pesan) yang baik tentu saja adalah mereka yang bisa menggunakan atau menyesuaikan pesan yang disampaikannya sesuai dengan siapa komunkannya (penerima pesan). Penulis yang baik adalah penulis yang juga mampu menggunakan teknik menulis secara berbeda tergantung dari siapa sasaran tulisannya dan untuk tujuan apa tulisan itu dibuat.
Ini berarti, tulisan dengan sasaran masyarakat desa dengan sivitas academika perguruan tinggi jelas berbeda. Termasuk di sini, tulisan dengan tujuan hanya memberikan deskripsi sebuah fakta-fakta dengan tujuan mempengaruhi jelas sangat berbeda.  Dengan demikian, mengetahui bentuk-bentuk tulisan akan bisa mengarahkan seseorang menulis secara lebih baik dengan hasil yang lebih maksimal pula.
Ada banyak bentuk-bentuk tulisan. Salah satunya bisa dilihat berdasarkan penggolongan dalam cara penyajian dan tujuan penyampaiannya. Dengan demikian, dilihat dari bentuknya tulisan meliputi, deskripsi, eksposisi, narasi, persuasi,  argumentasi, dan campuran/kombinasi.


Lebih lanjut baca: Dasar-Dasar Penulisan, UMM Press, Malang atau Jurus Jitu Nulis Artikel yang Baik dan Benar, Ghalia, Jakarta.

Comments :

0 comments to “Mengenal Bentuk-bentuk Tulisan”