Senin, Juni 19, 2017

Resensi Buku: Memahami Teknologi Komunikasi dari A-Z

Judul buku: Perkembangan Teknologi Komunikasi
Penulis: Nurudin
Penerbit: PT Raja Grafindo Persada
Edisi: I, April 2017
Tebal: vii-xv + 217
Peresensi: Mulyanto Utomo
Sumber: Solopos, 18 Juni 2017

Satu kalimat penting yang suka tidak suka atau senang tidak senang harus saya sepakati setelah membaca buku Perkembangan Teknologi Komunikasi tulisan Nurudin ini adalah:...sekuat apa pun kita menolak teknologi (komunikasi), pada akhirnya kita akan mengikutinya... itu!

Dalam Bab Implementasi Teknologi Komunikasi buku ini, Nurudin bercerita tentang bagaimana kawan dosennya yang semula berusaha keras untuk tidak memiliki akun facebook, akhirnya terjerumus juga. Bahkan dosen itu lebih khusuk ber-facebook ria dibanding kawan-kawannya yang bahkan sudah mulai bosan.

Menolak kehadiran teknologi (komunikasi) adalah sesuatu yang mustahil di era sekarang. Karena menurut Nurudin sistem sosial budaya di sekitar kita yang telah mengimplementasikan teknologi komunikasi jelas tidak bisa dilawan.

Cepat atai lambat, implementasi teknologi akan diterapkan di sekitar kita. Bukan kita ikut-ikutan, tetapi sistem di sekitar kitalah yang memaksa agar kita mengikutinya. Jika bersikeras menolak, maka konsekwensinya adalah Anda akan ketinggalan (halaman 76).



Buku Perkembangan Teknologi Komunikasi yang ditulis Nurudin, seorang dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini, saya kira cukup bagus sebagai referensi masyarakat, apalagi bagi akademisi, mahasiswa komunikasi, dan praktisi untuk memahami teknologi komunikasi secara komprehensif, mulai dari sejarah hingga perkembangan paling mutakhir teknologi komunikasi.

Memahami teknologi komunikasi menjadi sangat penting mengingat hidup pada era digital sekarang ini kita harus mampu beradaptasi dengan perubahan-perubahan sebagai akibat cepatnya perkembangan teknologi yang berdampak kepada gaya hidup, sikap, perilaku, pengetahuan, dan bahkan hampir di semua aspek kehidupan.

Buku ini saya sebut secara lengkap bertutur secara lugas tentang perkembangan teknologi komunikasi dari A - Z. Mengapa? Karena Nurudin memulainya dengan sejarah penemuan internet, media komunikasi dalam dunia maya,  yang menjadi awal pesatnya perkembangan teknologi dan industri informasi. Internet inilah yang mampu mengubah peta dunia dalam segala bidang baik sosial, budaya, ekonomi, politik, hukum dan sebagainya.

       Internet, kemudian juga memacu penemuan-penemuan inovasi paling mutakhir di bidang teknologi informasi yang dampaknya adalah mampu menjawab akan berbagai kebutuhan manusia. Peta kehidupan manusia dalam pergaulan hidup, gaya hidup, bertindak, bersikap, berkomunikasi, berinteraksi, pun  berubah.

       Nurudin juga secara rinci mendifinisikan apa itu teknologi informasi dan apa itu teknologi komunikasi. Orang sering rancu menyebut antara teknologi komunikasi dan teknologi informasi, karena dua istilah itu dianggap sama. Ini terjadi karena memang di antara kedua istilah tersebut bisa jadi memiliki makna yang bisa jadi memang sama, walaupun sebenarnya memiliki perbedaan (halaman 13).

Sebagai buku referensi yang membahas perkembangan teknologi komunikasi, saya sebut buku ini sangat lengkap karena selain menguraikan secara rinci, meski secara singkat, tentang sejarah perkembangan teknologi komunikasi buku ini juga membahas tentang bagaimana revolusi komunikasi itu terjadi.

Dengan contoh-contoh yang gampang dicerna, Nurudin bercerita bahwa teknologi dengan segala kelebihannya telah membawa dampak yang menguntungkan (meskipun juga dibahas soal dampak negatif) dalam kehidupan manusia meskipun pada sisi lain terdapat aspek-aspek kemanusiaan yang selama ini dibutuhkan dan ada dalam pergaulan sosial menjadi kering (halaman 100).

Singkat kata, buku ini akan memberi Anda pemahaman kompleks terkait dengan perkembangan teknologi komunikasi sejak zaman belum ditemukannya internet hingga soal ciri-ciri masyarakat informasi, serta betapa dahsyatnya kekuatan masyarakat maya di era siber media sekarang ini.



Mulyanto Utomo, wartawan Solopos

Buku ini bisa didapatkan di toko buku seluruh Indonesia.
pemesanan ke penulis plus tanda tangan dilayani di no WA: 085933146622 atau line: nurudinwriter
Type rest of the post here

Comments :

1

Kalo beli online buku ini dimama ya?

Kesehatan mengatakan...
on